4 Ide Bisnis Fashion Wanita yang Laku di Pasaran

4 Ide Bisnis Fashion Wanita yang Laku di Pasaran

Bicara soal fashion, sudahkah mengunjungi Indonesia Fashion Week 2017 yang digelar kemarin? Bagi yang gemar mengunjungi eventevent, tentunya sudah tahu event yang diselenggarakan pada awal Februari ini. Eventyang mengangkat dan memperkenalkan produk-produk fashion tersebut digelar selama lima hari dari 1-5 Februari 2017 di Jakarta. Sudah pasti para penggemar produk fashion yang suka tampil trendi tidak akan melewatkan event yang satu ini.

Dengan mengambil tempat di Jakarta Convention Center (JCC), sebanyak 200 desainer atau perancang busana dan 400 peserta pameran ambil bagian dalam perhelatan ini. Produk-produk fashion yang kebanyakan bertemakan etnik ditampilkan sejumlah model di atas catwalk.

bisnis

Bertemakan “Celebrations of Culture”, Asosiasi Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) menyatakan komitmennya untuk terus memajukan budaya Indonesia yang salah satunya dilakukan lewat Indonesia Fashion Week. Niat tersebut mendapat apresiasi banyak pihak, termasuk Pemerintah Indonesia yang diwakili Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Ekonomi dan UKM, serta Badan Ekonomi Kreatif dengan menghadiri event tersebut.

Banyak hal positif yang bisa didapat dari Indonesia Fashion Week 2017 (IFW 2017). Beberapa busana khas daerah yang belum pernah dilihat sebelumnya tersaji secara jelas di depan mata pada acara ini. Dengan begitu, tak usah jauh-jauh ke daerah asal busana berada. Cukup datang ke IFW 2017 semisal tenun lokal dari NTT serta bordir dan sulaman pengrajin Kudus, Jawa Tengah dapat dinikmati langsung. Menyaksikan hasil kreativitas dan inovasi pelaku fashion, tak ayal membangkitkan gairah untuk ikut ambil bagian juga dalam dunia fashion.

Bagi Anda yang memiliki gairah yang sama, ada peluang yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber keuntungan dari dunia fashion. Bila Anda masih mencari-cari, beberapa ide bisnis di bawah ini bisa Anda coba.

1. Bisnis Kain Tenun

Salah satu bahan dari busana wanita yang tak pernah surut peminat adalah kain tenun. Motif atau corak serta perpaduan warna yang eksotis membuat kain tenun disenangi kaum wanita. Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan sebagai peluang. Memang untuk mendapatkan kain tenun apalagi yang dibuat pengrajin tradisional mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Harga jualnya yang dimulai dari Rp500.000 hingga Rp10.000.000 bukanlah nilai yang kecil. Namun, hal tersebut tidak memengaruhi penjualan kain tenun yang terus bertambah pembelinya.

2. Bisnis Baju Kebaya

Biasanya yang satu ini selalu dikenakan setiap wanita dalam acara pernikahan. Baju kebaya yang dahulu dianggap kuno setelah dirancang secara kreatif dan modern, jadi salah satu digemari wanita untuk tampil cantik. Dan sama seperti kain tenun, baju kebaya yang populer lebih dulu sepertinya tidak akan sepi peminat dan tentunya bisa dimanfaatkan sebagai peluang.

3. Bisnis Hijab

Penggunaan busana Muslim kian meningkat seiring banyak wanita yang ingin tampil syar’i, tetapi tetap modis. Peningkatan pemakai busana Muslim ini sudah tentu meningkatkan pemakaian hijab sebagai bagian penting dalam busana Muslim. Tak heran bila banyak yang tak menyia-nyiakan peluang untuk berbisnis hijab. Dari orang awam sampai selebriti terjun dalam bisnis hijab, baik dalam merancang/mendesainnya maupun menjualnya.

4. Bisnis Batik

Pengguna batik dari hari ke hari terus bertambah seiring tren penggunaan batik dalam berbagai acara. Melihat hal ini ada bisnis yang berpeluang untuk dijalankan. Memang sudah banyak yang terjun ke bisnis batik. Namun, bukan berarti menutup kesempatan Anda untuk berkecimpung dalam bisnis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *