September 2018, Pemerintah Aplikasikan Bahan Bakar Berstandar Euro IV

Pemerintah menyebutkan aplikasi Standard Emisi Euro IV pada bahan bakar kendaraan bermotor mulai berlaku pada September 2018.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran serta Rusaknya Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan, Karliansyah menjelaskan, aplikasi Euro IV mempunyai tujuan untuk kurangi pencemaran udara yang dikarenakan oleh kendaraan bermotor. Sekarang ini, jelas dia, Indonesia masih tetap mengaplikasikan Standard Emisi Euro II.

” Untuk lokasi perkotaan, 70 % sumber pencemaran itu oleh kendaraan bermotor. Bagaimana langkahnya kita dapat menghimpit? Salah nya ialah melakukan perbaikan kwalitas bahan bakar, ” tutur Karliansyah waktu didapati di Komplek Kilang Pertamina RU II Sei Pakning, Bengkalis, Riau, Rabu (18/10/2017).

” Jadi sampai kini, itu kan sulfurnya 250-300 ppm. Jadi, dengan Euro IV, juga akan dibawah 50 ppm. Kelak di September 2018 itu mulai berlaku. Saat ini masih tetap step penyesuaian, ” lebih dia.

Karliansyah menjelaskan, sekarang ini PT Pertamina sudah siap sediakan bahan bakar dengan Standard Emisi Euro IV. Menurutnya, satu diantara kilang Pertamina di Cilacap telah dapat menghasilkan bahan bakar dengan Standard Emisi Euro IV.

” Saya dua bln. lantas diundang oleh Pertamina pemrosesan unit IV di Cilacap. Di situ, lakukan soft rilis bahan bakar Euro IV. Cilacap itu memasok 60 % bahan bakar di Jawa, ” terang dia.

Karliansyah menyebutkan, aplikasi standard emisi juga akan berlaku di semua Indonesia. Kendaraan yang masih tetap mempunyai tehnologi Standard Emisi Euro II tetaplah juga akan dapat memakai bahan bakar Standard Emisi Euro IV.

Aplikasi Standard Emisi Euro IV ditata dalam Ketentuan Menteri Lingkungan Hidup serta Kehutanan Nomor P. 20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017 mengenai Baku Kualitas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Type Baru Kelompok M, N, serta O.

Kendaraan bermotor kelompok M, yakni kendaraaan bermotor beroda empat atau lebih, dipakai untuk angkutan orang. Lantas kelompok N, adalah kendaraan bermotor beroda empat atau lebih untuk angkutan barang, serta kelompok O yaitu kendaraan bermotor penarik untuk gandengan atau tempel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *